FKJM adalah salah satu komunitas fotografi di Yogyakarta selalu berusaha menjadi komunitas bermanfaat serta dan menjadikan seni fotografi dan aktifitasnya sebagai media untuk menyampaikan pesan bagi siapa saja. Untuk Informasi & Kerjasama : Tlp/SMS/WA : 0823 2427 2785 II EMAIL : jogjamemotret@gmail.com II PIN BBm : D0830529 II Upload karya fotografi kamu di akun instagram dengan #instafkjm

Thursday, January 28, 2016

Sharing dan Diskusi Fotografi Minggu ke-4, bersama Dinda Dianti Alfian (Komunitas Ponsel Jogja), 28 Januari 2015

Kamis, 28 januari 2016, Forum Komunikasi Jogja Memotret mengundang Komunitas Fotografi Ponsel Jogja dalam kegiatan bulanannya Sharing dan Diskusi Fotografi Minggu ke-4 yang dilaksanakan di Lodhong Kafe yang beralamat di Jl. PGRI II, Wirobrajan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Rangkaian acara sharing dan Diskusi Minggu ke-4 diawali dengan sambutan dari Wakil Ketua FKJM Didik Hartadi yang menyampaikan beberapa hal mengenai kegiatan rutin yang diadakan oleh FKJM.


Dalam kunjungannya, Komunitas Fotografi Ponsel Jogja
mengawali  acara dengan perkenalan komunitas dan beberapa kegiatan oleh salah satu pendiri Komunitas Fotografi Ponsel Jogja yang akrab dipanggil Mbak Ipuk, beliau menceritakan beberapa kegiatan yang dilaksanakan selama lebih dari satu tahun terakhir ini, seperti mengangkat tema fotografi tiap bulan dengan mengundang expert fotografi, hunting foto bareng, review foto tema bulanan dan yang menarik. Ada hal yang menarik yang dilakukan Komunitas Fotografi Ponsel Jogja, yaitu mereka rutin melaksanakan kuliah online setiap minggu malam dengan harapan memberikan wacana fotografi bagi anggotanya.

Acara inti kegiatan sharing dan diskusi, salah satu admin Komunitas Fotografi Ponsel Jogja, Dinda Dianti Alfian membagikan beberapa hal yang terkait dengan teknik dasar fotografi ponsel. Perlengkapan pendukung ketika memotret dengan ponsel, teknik foto yang dapat dilakukan dengan ponsel dikupas tuntas oleh Dinda begitu akrab dipanggil. 

Banyak hal yang disharingkan Dinda dalam acara tersebut, seperti bagaimana teknik memotret makro menggunakan ponsel, teknik panning dengan tambahan peralatan tambahan, pembuatan long exposure dengan ponsel dan segala kesulitannya dan lain sebagainya.

Dalam acara tersebut, semakin meriah dengan adanya sesi tanya jawab yang dilakukan disela sela sharing, pertanyaan mengenai dinamika komunitas teknik dasar dan hambatan dalam memotret dengan ponsel dijawab lugas dan jelas oleh Dinda dan kawan-kawan dari Komunitas Fotografi Ponsel Jogja.

Sharing dan Diskusi Fotografi ini sangat inspiratif dan cukup menggugah kita semua betapa kita harus lebih kreatif dalam membuat karya seni fotografi apapun media rekamnya, jangan sampai kamera kita lebih besar daripada karya kita tutur Mirza dalam menutup acara Sharing dan Diskusi Fotografi.














No comments:

Post a Comment