FKJM adalah salah satu komunitas fotografi di Yogyakarta selalu berusaha menjadi komunitas bermanfaat serta dan menjadikan seni fotografi dan aktifitasnya sebagai media untuk menyampaikan pesan bagi siapa saja. Untuk Informasi & Kerjasama : Tlp/SMS/WA : 0823 2427 2785 II EMAIL : jogjamemotret@gmail.com II PIN BBm : D0830529 II Upload karya fotografi kamu di akun instagram dengan #instafkjm

Sunday, February 28, 2016

Forum Komunikasi Jogja Memotret melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat


Untuk memperingati ulang tahun yang ke-2, Forum Komunikasi Jogja Memotret (FKJM) melaksanakan rangkaian kegiatan yang dipusatkan di Padukuhan Srunggo, Imogiri, Bantul, DIY pada tanggal 28 Februari 2016. Sebagai pengabdian kepada masyarakat, Ceremonial pembukaan acara dihadiri peserta pengobatan gratis dan warga masyarakat Srunggo 1 dan Srunggo 2. Proses dari pendaftaran, pemeriksaan Dokter hingga pengambilan obat seluruh peserta berlangsung
dari pukul 09.00 dan berakhir pukul 12.00 WIB. "Kulo remen nek wonten pengobatan gratis nggaten niki mas, dados yotro kulo saged kangge tumbas kabetahan liayne" (saya senang kalau ada pengobatan gratis seperti ini, jadi uang saya dapat saya gunakan untuk kebutuhan lainnya), ungkap warga peserta pengobatan gratis.

      FKJM dalam kegiatan ini menggandeng Klinik Anugerah yang beralamat di Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta sebagai partner yang telah lama bekerjasama dalam bidang kesehatan. Sasaran pengobatan gratis ini adalah warga masyarakat Padukuhan Srunggo yang mengalami hambatan untuk menikmati fasilitas kesehatan. Acara diawali dengan sambutan perwakilan dari pengurus FKJM  dilanjutkan sambutan Kepala Dukuh Srunggo 1 sekaligus dimulainya acara.
   
Acara yang kedua yang juga merupakan rangkaian acara Ulang Tahun, FKJM mengadakan sarasehan dengan istilah "Lungguh Bareng FKJM", acara tersebut merupakan sarasehan fotografi yang ditujukan kepada pemuda-pemudi dan Kelompok Sadar Wisata Padukuhan Srunggo untuk lebih mengenal fotografi dan mampu memanfaatkan fotografi sebagai media pengembangan wisata wilayah Padukuhan Srunggo yang mempunyai obyek wisata Goa Cerme. Peserta sarasehan dihadiri oleh beberpa elemen masyarakat seperti Karang Taruna Padukuhan Srunggo 1 dan Srunggo 2, Remaja Masjid, POKDARWIS dan warga masyarakat umum. Sarasehan fotografi diawali oleh Mirza Adi Prabowo dengan menyampaikan materi motret itu mudah, dalam materinya diharapkan warga masyarakat dapat memanfaatkan kamera yang ada untuk memotret keindahan alam, aktivitas masyarakat guna mendukung promosi pariwisata wilayahnya. Materi kedua disampaikan oleh Rudi Gunawan, materi dasar fotografi dikenalkan kepada peserta dengan harapan setidaknya tidak terlalu asing dengan istilah-istilah dalam fotografi secara umum. Materi terakhir mengenai bagaimana cara sebuah karya foto dapat bagikan ke media sosial sebagai sarana informasi dan promosi pariwisata, materi ini disampaikan oleh Jaya Tri Hartono yang juga sebagai salah satu fotografer media online terkemuka di Yogyakarta. Pertanyaan dari peserta juga muncul seperti bagaimana cara memotret dengan HP yang baik, bagaimana cara mengundang FKJM dan ada hal yang menarik dari beberapa pertanyaan, ada sebuah pertanyaan yang cukup menggelitik yaitu berasal dari bapak-bapak peserta sarasehan, beliau menanyakan berasal dari mana biaya acara yang FKJM laksanakan. Pertanyaan terkait fotografi dan komunitas dapat dijawab dengan baik sebelum acara di akhiri.
Setelah berakhirnya sarasehan, doa bersama dilakukan sebelum pemotongan tumpeng sebagai tanda Ulang Tahun FKJM yang kedua. Doa bersama dibawakan oleh Bapak Sehyadi sebagai salah satu tokoh agama di Padukuhan Srunggo. pemotongan tumpeng dilakukan oleh Mirza Adi Prabowo (Ketua Umum FKJM) dan secara simbolis diserahkan kepada tokoh warga sebagai bentuk penghormatan dan ucapan terima kasih atas dukungan, kesempatan dan sambutan dari seluruh warga dalam kegiatan yang FKJM laksanakan.

DOKUMENTASI PENGOBATAN GRATIS :



















DOKUMENTASI LUNGGUH BARENG FKJM





No comments:

Post a Comment